Media
Pembelajaran 3 Dimensi
A. Pengertian
Media Tiga Dimensi
Media
adalah sebuah alat yang mempunyai fungsi menyampaikan pesan (Bovee, 1997).
Media pembelajaran adalah sebuah alat yang berfungsi dan digunakan untuk
menyampaikan pesan pembelajaran. Pembelajaran adalah proses komunikasi antara
pembelajar, pengajar, dan bahan ajar. Secara umum, media merupakan segala
sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian
dan kemampuan atau ketrampilan pebelajar sehingga dapat mendorong
terjadinya proses belajar. Batasan ini cukup luas dan mendalam mencakup
pengertian sumber, lingkungan, manusia dan metode yang dimanfaatkan untuk tujuan pembelajaran / pelatihan. Tanpa media, komunikasi tidak akan
terjadi dan proses pembelajaran sebagai proses komunikasi juga tidak akan
bisa berlangsung secara optimal. Media pembelajaran adalah
komponen integral dari sistem pembelajaran.
Media
pembelajaran itu salah satunya berupa media pembelajaran tiga dimensi, yaitu
media yang tampilannya dapat diamati dari arah pandang mana saja dan
mempunyai dimensi panjang, lebar, dan tinggi/tebal. Media tiga
dimensi juga dapat diartikan sekelompok media tanpa proyeksi yang penyajiannya
secara visual tiga dimensi. Kelompok media ini dapat berwujud sebagai benda
asli baik hidup maupun mati, dan dapat berwujud sebagai tiruan yang mewakili
aslinya.
Benda asli ketika akan difungsikan sebagai media pembelajaran dapat
dibawa langsung ke kelas, atau siswa sekelas dikerahkan langsung ke dunia
sesungguhnya di mana benda asli itu berada. Apabila benda aslinya sulit untuk
dibawa ke kelas atau kelas tidak mungkin dihadapkan langsung ke tempat di mana
benda itu berada, maka benda tiruannya dapat pula berfungsi sebagai media
pembelajaran yang efektif.
Media tiga dimensi yang
dapat diproduksi dengan mudah, adalah tergolong sederhana dalam penggunaan dan
pemanfaatannya, karena tanpa harus memerlukan keahlian khusus, dapat dibuat
sendiri oleh guru, bahannya mudah diperoleh di lingkungan sekitar.
B. Jenis-jenis
Media Tiga Dimensi
1. Model
Padat (solid model)
Yaitu memperlihatkan bagian permukaan luar dari pada objek dan sering
kali membuang bagian-bagian yang membingungkan gagasan-gagasan utamanya dari
bentuk, warna dan susunannya. Contoh model padat yaitu boneka, bendera, bola,
anatomi manusia. Guna model padat untuk membantu dan melayani para siswa
sebagai informasi berbagai pengetahuan agar siswa lebih paham dalam pelajaran.
Dalam model ini siswa dapat melakukan kegiatan membuat
model yang sangat bermanfaat dalam mengembangkan konsep realisme bagi dirinya.
Melalui kegiatan konstruksi, menciptakan dan membentuk objek tertentu mereka
ditantang untuk memecahkan masalah-masalah pengajaran dalam berbagai bidang
studi yang mereka pelajari. Melalui transformasi sederhana, menggunakan bahan-bahan
murah para siswa menciptakan berbagai bentuk objek studi, sehingga hasil
belajar lebih mendalam dan lebih mantap.
Kelebihan dari model padat
-
Dapat
memberikan pengalaman secara langsung
-
Dapat dibuat
dengan biaya yang murah
-
Dapat
mengembangkan konsep realisme siswa
Kekurangan
dari model padat
-
Tidak dapat
menjangkau sasaran dalam jumlah besar.
- Anak tuna netra sulit untuk
mengaplikasikannya.
2. Model
penampang (cuteway model)
Yaitu memperlihatkan
bagaimana sebuah objek itu tampak, apabila bagian permukaannya diangkat untuk
mengetahui susunan bagian dalamnya. Model ini berguna untuk mata pelajaran
biologi, karena berfungsi untuk mengganti objek sesungguhnya. Beberapa contoh
model penampang adalah:
·
Anatomi manusia dan hewan : mata, gigi, kepala, otak,
tulang belulang, paru-paru, jantung, bagian ginjal.
·
Kehidupan tumbuh-tumbuhan: daun, batang, tangkai, akar, biji, tunas,
bunga, buah-buahan.
Model penampang dibuat dengan beberapa alasan yang
antara lain benda aslinya tertutup dan terlalu besar atau terlalu kecil,
misalnya gunung berapi, sedang murid memerlukan penjelasan tentang struk-tur
bagian dalamnya.
Fungsi dari model ini adalah menggantikan objek
sesungguhnya. Selain itu model penampang bisa memperjelas objek yang
sebenarnya, karena bisa diperbesar atau diperkecil. Yang perlu diperhatikan
dalam membuat model penampang adalah, hanya bagian-bagian terpenting saja yang
harus ditonjolkan, biasanya dibubuhi warna-warna yang kontras, sedangkan
rincian yang tidak begitu penting dihilangkan.
Kelebihan dari model penampang
-
Dapat
memberikan pengalaman secara langsung
-
Hasil
belajar lebih mendalam dan mantap.
-
Dapat
mempermudah pehaman karena merupakan pengganti obyek yang sesungguhnya.
-
Dapat dibuat
dengan biaya yang relatif murah.
-
Belajar
dapat difokuskan pada bagian yang penting-penting saja
Kekurangan dari model penampang
-
Tidak dapat
menjangkau sasaran dalam jumlah yang banyak.
-
Penyimpanan
memerlukan ruang dan perawatan.
-
Anak
tunanetra sulit membandingkannya.
-
Jika membeli
alat perga membutuhkan biaya yang besar.
3. Model
kerja (working model)
Yaitu tiruan dari objek yang
memperlihatkan bagian luar dari objek asli. Gunanya untuk memperjelas dalam
pemberian materi kepada siswa. Beberapa contoh model kerja adalah:
·
Alat-alat matematika: mistar-sorong, busur derajat.Peralatan musik:
biola, seruling, terompet, piano, tamburin.
·
Mock-ups, yaitu penyederhanaan susunan bagian pokok dan suatu proses atau sistem
yang lebih ruwet. Guru menggunakan mock-up untuk memperlihatkan bentuk berbagai
objek nyata seperti kondensator-kondensator, lampu-lampu tabung,serta pengeras
suara, lambang-lambang yang berbeda dengan apa yang tertera di dalam diagram.
·
Diorama, yaitu sebuah pemandangan 3 dimensi mini bertujuan menggambarkan
pemandangan sebenarnya. Contoh: Diorama di bagian bawah Monas Jakarta.
Model
kerja dirancang untuk menunjukkan kepada para siswa bagaimana mekanisme suatu
objek itu berfungsi. Berbagai model yang baik seringkali mempergunakan
pewarnaan yang kontras pada bagian-bagian terpenting seperti pada blok mesin, kabel,
sikuit, atau berbagai komponen menunjukkan hubungan satu sama lain. model kerja
sangat mendorong rasa keingintahuan siswa.
Kelebihan
dari model kerja
-
Memberikan
pengalaman secara langsung.
-
Dapat
menunjukkan objek secara utuh baik cara kerjanya.
-
Dapat
memperlihatkan struktur organisasi secara jelas.
-
Dapat
menunjukkan alur suatu proses secara jelas.
Kekurangan
dari model kerja
-
Tidak dapat
menjaangkau sasaran dalam jumlah besar.
-
Penyimpanannya
memerlukan ruang yang besar dan perawatan yang rumit.
-
Untuk
membuat alat peraga ini membutuhkan biaya yang besar.
-
Anak
tunanetra sulit untuk mengaplikasikannya secara sempura.
4. Model
Susun (Builed-up Model)
Model
susun terdiri dari beberapa bagian objek yang lengkap, atau sedikitnya suatu
bagian penting dari objek itu. Contoh: anatomi manusia dan binatang, seperti:
mata, telinga, jantung, tengkorak, otak.
Model
susunan dimaksudkan struktur bagian dalam dari suatu benda, disamping
memperlihatkan bagian dalam obyek juga dapat dilepas atau dipreteli untuk
dipelajari satu per satu sehingga memperjelas pengertian. Dan bila sudah
selesai dapat diletakkan kembali pada posisinya semula. Model ini dapat berupa
variasi dari model irisan. Untuk model terbuka sebaiknya siswa disuruh
hati-hati waktu mempelajarinya. Karena disamping mahal harganya, juga agak
mudah rusak dan apabila alat penyetelnya rusak dapat mengganggu penampilan
model tersebut dan mungkin tidak dapat disusun seperti semula
Kelebihan dari model susun
-
Memberikan
pengalaman secara langsung.
-
Penyajian
secara kongkrit dan menghindari verbalisme.
-
Dapat
menunjukkan objek secara utuh baik kontruksi maupun cara kerjanya.
-
Dapat
memperlihatkan struktur organisasi secara jelas.
-
Dapat
menunjkkan alur suatu proses secara jelas.
Kekurangan
dari model susun
-
Tidak bisa
menjangkau sasaran dalam jumlah besar.
-
Anak tuna netra
sulit untuk membandingkannya.
-
Penyimpanannya
memerlukan ruang yang besar dan perawatan yang rumit.
C. Karakteristik
Media Tiga Dimensi
Karakteristik media
dapat dilihat dari kemampuan membangkitkan rangsangan indra penglihatan,
pendengaran, perabaan percakapan, maupun penciuman atau kesesuainnya dengan
tingkat hirarki belajar. Secara umum karakteristik media tiga dimensi
adalah sebagai berikut:
·
Pesan yang sama dapat
disebarkan keseluruh siswa secara serentak
·
Penyajiannya berada
dalam kontrol guru
·
Cara penyimpanannya
mudah (praktis)
·
Dapat mengatasi
keterbatasan ruang, waktu, dan indera
·
Menyajikan objek-objek
secara diam
·
Terkadang dalam
penyajiannya memerlukan ruangan gelap
·
Lebih mahal dari
kelompok media grafis
·
Sesuai untuk mengajarkan
keterampilan tertentu
·
Sesuai untuk belajar
secara berkelompok atau individual
·
Praktis digunakan untuk
semua ukuran ruangan kelas
·
Mampu menyajikan teori
dan praktik secara terpadu.
D. Kelebihan
dan Kekurangan Media Tiga Dimensi
Menurut Moedjiono (1992) kelebihan dari media visual tiga dimensi:
1) Memberikan pengalaman secara langsung
2) Penyajian secara konkrit dan
menghindari verbalisme
3) Dapat menunjukkan objek secara utuh baik
kontruksi maupun cara kerjanya
4) Dapat memperlihatkan
struktur organisasi secara jelas
5) Dapat menunjukkan alur suatu proses secara jelas.
Kelemahan media tiga dimensi yaitu:
1) Tidak bisa menjangkau sasaran dalam jumlah
2) Penyimpanannya
memerlukan ruang yang besar dan perawatan yang rumit
3) Untuk membuat alat peraga ini membutuhkan
biaya yang besar
4) Anak tuna
netra sulit untuk membandingkannya
Sumber:
Sanjaya, Wina.
2009. Perencanaan dan Desain Sistem
Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sudjana,
Nana, dkk. 1991. Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru.
Sudjana,
Nana, dkk. 2007. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru
Algensindo.
diakses pada 13 April 2014. jam 13.10
Assalamu'alaikum Wr. Wb. Pada kesempatan ini. kami akan bagikan materi tentang Poster
meliputi Pengertian, Ciri dan syarat poster yang baik, Tujuan, Jenis /
Macam-macam poster beserta gambarnya, dan cara membuat poster.. Silakan
disimak selengkapnya..
A. Pengertian Poster
Poster adalah media publikasi yang terdiri atas tulisan, gambar ataupun kombinasi antar keduanya dengan tujuan memberikan informasi kepada khalayak ramai. Poster biasanya dipasang ditempat-tempat umum yang dinilai strategis seperti sekolah, kantor, pasar, mall dan tempat-tempat keramaian lainnya. Informasi yang ada pada poster umumnya bersifat mengajak masyarakat.
Menurut wikipedia, pengertian poster adalah sebuah karya seni grafis yang dibuat dengan perpaduan antara huruf dan angka diatas kertas yang ukurannya relatif besar. Poster ini umumnya ditempel didinding atau permukaan yang relatif datar ditempat-tempat umum yang ramai agar informasi dan pesan yang ada didalam poster tersebut bisa tersampaikan kepada masyarakat.
B. Ciri-ciri dan Syarat Poster
Berikut ini adalah ciri – ciri umum
dari sebuah poster:
- Desain grafis dari poster harus memuat komposisi yang terdiri atas huruf dan gambar di atas media kertas atau kain yang berukuran besar.
- Cara pengaplikasiannya dapat dengan cara ditempel pada dinding, tempat umum atau permukaan datar yang lain dengan sifat membidik perhatian mata semaksimal mungkin.
- Poster pada umumnya dibuat dengan perpaduan warna yang kuat dan kontras.
- Poster lazimnya mempergunakan bahasa yang singkat, jelas, tidak rancu agar mudah dipahami.
- Pesan yang ingin disampaikan sebaiknya disertai dengan gambar.
- Poster dapat dibaca secara sambil lalu.
Setelah membahas mengenai ciri-ciri
poster, berikut ini adalah sedikit ulasan mengenai syarat sebuah poster:
- Poster wajib mempergunakan bahsa yang mudah dipahami.
- Susunan kalimat poster harus singkat, padat, jelas, tetapi berisi.
- Poster sebaiknya dikombinasikan dengan bentuk gambar.
- Poster harus mampu menarik minat khalayak.
- Media poster harus mempergunakan bahan yang tidak mudah rusak atau sobek.
- Ukuran poster sebaiknya disesuaikan dengan tempat atau lahan pemasangan serta target pembaca.
Sementara itu, hal-hal yang perlu
diperhatikan dalam membuat poster adalah:
- Gambar dibuat mencolok dan sesuai dengan ide yang akan dikomunikasikan.
- Kata-kata yang digunakan dalam poster harus efektif, sugestif, serta mudah diingat.
- Jenis font sebaiknya adalah jenis yang mudah dibaca dan dengan size yang besar.
C. Tujuan Poster
Dibuatnya sebuah poster tentu bukan
tanpa sebab, tetapi memiliki maksud dan tujuan sendiri. Secara umum tujuan dan
maksud dibuatnya poster adalah sebagai media publikasi agar masyarakat bisa
membacanya dan melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang ada dalam poster
tersebut. Tetapi secara khusus maksud dan tujuan dibuatnya poster tergantung
dengan apa yang diinginkan pembuat, bisa untuk tujuan komersil, mencari simpati
publik, mencari perhatian masyarakat, dan lain sebagainya.
D. Jenis / Macam-Macam Poster
Jenis poster berdasarkan isinya:
1. Poster Niaga adalah poster yang dibuat untuk media komunikasi dalam
urusan perniagaan untuk menawarkan suatu barang, atau jasa.
2. Poster Kegiatan adalah poster yang berisi suatu kegiatan, seperti kegiatan
jalan sehat, senam, dll.
3. Poster Pendidikan adalah poster yang bertujuan untuk mendidik.
4. Poster Layanan Masyarakat adalah poster untuk pelayanan kesehatan yang berhubungan
dengan kesejahteraan masyarakat.
Jenis Poster berdasarkan tujuannya :
1. Poster Propaganda adalah poster yang memilik tujuan untuk mengembalikan
semangat pembaca atas perjuangan atau usaha seseorang dalam melakukan hal yang
bermanfaat bagi kehidupan.
2. Poster Kampanye adalah poster yang bertujuan untuk mencari simpati dari
masyarakat pada saat dilakukannya pemilihan umum.
3. Poster 'Dicari' atau
"Wanted“ adalah poster yang bertujuan yang
memuat orang hilang atau suatu perusahaan yang membutuhkan pekerja.
4. Poster "Cheescake“adalah poster yang bertujuan untuk menarik perhatian publik,
seperti bintang rock, artis, penyanyi, dll.
5. Poster Film adalah poster yang dibuat dengan tujuan untuk mempopulerkan
suatu film yang diproduksi dalam industri perfilman.
6. Poster Komik adalah poster yang digunakan untuk mempopulerkan buku-buku
komik.
7. Poster Afirmasi adalah poster untuk memotivasi pembacanya, biasanya tentang
kepemimpinan, dll.
8. Poster Riset adalah poster untuk mempromosikan berbagai kegiatan riset
sehingga mengundang para pelaku akademik untuk ikut dalam mengapresiasikan
kegiatan tersebut.
9. Poster Kelas adalah poster yang berada didalam kelas pelajar yang
bertujuan untuk memotivasi pelajar, adapun juga poster tata tertib kelas.
10. Poster Komersial adalah poster yang hampir sama dengan Poster Niaga yaitu
yang bertujuan untuk mempromosikan sesuatu.
E.
Cara Membuat Poster
Disini saya tidak akan menjelaskan
mengenai bagaimana mendesain (menggambar) sebuah poster, namun yang akan
dijabarkan adalah bagaimana langkah-langkah konseptual dari pembuatan poster
itu sendiri.
1. Tentukan Topik & Tujuan
1. Tentukan Topik & Tujuan
Pertama, Anda harus menentukan apa
yang ingin dibahas dalam poster tersebut, apakah membahas produk kecantikan,
kegiatan sosial, atau sebuah film animasi.
Kemudian, tentukan pula alasan Anda
membuat poster tersebut. Anda membuatnya untuk promosi? atau hanya sekedar
sosialisasi. Tentunya, poster-poster promosi lebih membutuhkan riset serius
dalam hal gambar, kata-kata, dan peletakan daripada sebuah poster sosialisasi
program.
2. Buat Kalimat Singkat dan Bersifat Mensugesti
2. Buat Kalimat Singkat dan Bersifat Mensugesti
Poster biasanya dibaca secara
sekilas oleh pengunjung. Sedikit sekali pejalan kaki atau pengendara yang
berlama-lama di suatu tempat, hanya untuk membaca sebuah poster.
Untuk itu, buatlah kalimat yang
singkat agar bisa dibaca hanya dalam waktu beberapa detik saja. Nantinya,
melalui bahasa singkat tersebut, maka pesan yang ditulis oleh para pembuat
poster bisa tersampaikan dengan baik.
Tetapi, jangan sampai kata-kata
tersebut malah ambigu dan membuat para pembaca kebingungan. Buatlah kalimat
yang jelas serta mensugesti orang untuk membeli atau melakukan sesuatu
(terutama ketika Anda membuat poster promosi produk).
3. Gunakan Gambar
3. Gunakan Gambar
Gambar merupakan alat penyampai
pesan yang paling menarik. Inilah mengapa berbagai poster saat ini menggunakan
gambar dengan proporsi jauh lebih besar dibandingkan dengan tulisan.
Gambar dengan warna-warna mencolok
adalah jenis yang sebaiknya Anda gunakan demi pengunjung yang lebih banyak.
4. Gunakan Media yang Tepat
4. Gunakan Media yang Tepat
Media (tempat ditempelnya poster)
akan menentukan apakah poster Anda banyak dilihat atau tidak. Jika Anda menempelkan
poster di dinding-dinding yang ada di pasar, kemungkinan poster tersebut jauh
lebih 'laris' ketimbang jika ditempel pada dinding-dinding perkampungan.
Materi terkait :
Slogan (Pengertian, Ciri, Tujuan, Macam, Contoh dan Gambar)
Referensi :
http://posterina.blogspot.com/2014/04/pengertian-poster-serta-tujuannya.html
http://ridacoprinting.com/ciri-ciri-dan-syarat-poster
http://asalmadu.blogspot.co.id/2013/05/pengertian-macam-tujuan-dari-poster-dan.html
http://www.kelasindonesia.com/2015/08/pengertian-poster-jenis-cara-membuat-dan-contoh-kalimat-poster.html
Demikian artikel tentang Poster meliputi
Pengertian, Ciri dan syarat poster yang baik, Tujuan, Jenis / Macam-macam
poster beserta gambarnya, dan cara membuat poster..Semoga bermanfaat
23 Blog Gratis Selain Blogspot dan Wordpress
Ada 23
Blog Gratis Selain Blogspot dan Wordpress. Jikalau kita ingin ngeblog
yang beda selain blogspot
dan wordpress
ini ada solusinya, memang suatu yang menyenangkan, malah kadang banyak yang
sampai kecanduan untuk ngeblog, untuk sobat yang ingin membuat blog namun ingin
blog yang beda karna sudah bosan memakai blog
gratis blogspot dan wordpress, saya akan share penyedia Blog
Gratis Selain Blogspot dan Wordpress.
Daftar
Penyedia Website/Blog Gratis Selain Blogspot dan Wordpress antara lain
sebagai berikut:
- tumblr.com
- blog.ebay.com
- blogdetik.com
- blog.com
- multiply.com
- xanga.com
- livejournal.com
- edublogs.org
- blogetery.com
- posterous.com
- mysoapbox.com
- blogmalhikdua.com
- paidtoblog.com
- blogster.com
- Freevlog.org
- clearblogs.com
- blogsome.com
- PhoutPost.com
- OpenDiary.com
- Friendster.com
- Netcipia.com
- SquareSpace.com
- brave.net
Anda bisa mencoba mendaftar atau membuat blog baru gratis di salah
satu penyedia blog gratisan diatas.
Demikian 23
Blog Gratis Selain Blogspot dan Wordpress semoga bermanfaat untuk kita
semua, amin...
Multiply.com
Multiply.com adalah sebuah
situs jaringan sosial dengan fitur yang memungkinkan orang untuk saling-berbagi
beberapa media, seperti foto, video, maupun blog. Multiply.com menyediakan
layanan blog. Blog yang di-posting ke Multiply.com dapat secara otomatis
diteruskan ke akun LiveJournal, Blogger atau TypePad. Dimungkinkan pula untuk
mem-posting via e-mail atau MMS. Pengguna juga dapat memberikan komentar
terhadap sebuah film atau buku, atau juga untuk berbagi acara berdasarkan
kalender.
Kelebihan Multiply.com
Kelebihan Multiply.com
1. . Fitur-fiturnya terbagi: blog,
photos, review, calendar, links, etc
2. Postingan kita dapat dipantau oleh user lain
melalui inbox
3. Bisa mengedit CSS (tampilan)
4. tersedia form guestbook
5. Dapat mengetahui user multiply mana saja yang
mengunjungi situs kita
6. Banyak yang memeberdayakan multiply sebagai
online store
Kekurangan Multiply.com
1. Hanya pengunjung yang log in ke multiply yang
dapat memberikan komentar.
2. proses loading cukup berat
3. Multiply menampilkan iklan di situs kita dan
tidak bisa dihapus.
4. Tampilan multiply pasti dua kolom
Kelebihan dan kekurangan beberapa blog
BlogDetik.com
Kelebihan:
1. Akan menampilkan postingan kita jika tulisan kita bagus
2. Mengadakan event lomba blogging dengan berbagai hadiah menarik
3. Menyediakan forum komunitas blogger di tiap regional
Kekurangan:
1. Diberi kapasitas hanya 100MB memory untuk setiap blognya
2. Tema yang ada pada BlogDetik sudah disediakan dan tidak bisa mengunggah tema lainnya.
LiveJournal
Kelebihan:
1. Tersedia layout-layout menarik.
Kekurangannya:
2. Tidak memberikan tempat untuk komen Nama + URL, Hanya ada User, OpenID, dan
Anonymous.
Kelebihan dan Kekurangan Tumblr
Tumblr, salah satu mesin blog yang lahir baru di dunia
blog, ketimbang blogger dan wordpress yang sudah lebih dulu ada. Tetapi tumblr
mempunyai keunikan sendiri, yakni menerapkan konsep simple, tidak
terlalu banyak tombol. Berikut ini adalah kekurangan dan kelebihan tumblr.
Kelebihan
1. Tumblr seperti halnya blogspot, dimana Kita tidak
memakai hosting pribadi untuk mengaksesnya, cukup dengan memakain domain. Jadi
kalo Kamu punya domain, bisa tuh dipasang tumblr di sub-domainnya, seperti saya
http://dream.furqanalfath.com.
2. Simple, tidak terlalu banyak tombol dan navigasi yang cenderung mudah untuk dipelajari.
3. Ga perlu ngeblog panjang-panjang. Cukup masukin foto, video, atau
quote dari seseorang. Sebenarnya wordpress atau blogpsot juga bisa, tetapi
tumblr seakan-akan bilang, just blog it, karena feature untuk post foto
dan sebagainya sudah tersedia.
Kekurangan
Saya entah kenapa, jarang
mendapatkan hasil search engine dari blog tumblr. Apa gara-gara blogger di
tumblr adalah tipe simple, makanya ga ke crawl search engine? Atau gara-gara
tumblr masih baru, jadi kalo ada orang yang ngepost yang bagus-bagus
(pelajaran, perjalanan, tips and trick) ketiban sama wordpress atau blogspot
yang sudah lebih dulu ada? Mungkin.
Tapi, dari semuanya tumblr oke
kok. Dan, sekali lagi, jangan terlalu banyak mikir mana yang lebih baik antara
wordpress, blogspot, atau tumblr. Katanya gampang di hack atau apa lah. Saya
katakan ga. Ga semudah itu orang ngehack mesin blog yang sudah sangat famous
(terkenal). Semangat blogging ya, dan selalu share jika ada waktu untuk nulis.
Mungkin Kamu mau liat tulisan Saya tentang kelebihan dan kekurangan wordpress dan blogspot.
Media massa online saat ini
sangatlah banyak. Namun setiap media massa online memiliki karakteristiknya
masing-masing yang menjadikan mereka berbeda satu dengan yang lain, baik dari
segi kelebihan maupun kekurangan. Salah satu media online yang akan di bahas
dalam hal keunggulan, kekurangan maupun peran dan fungsinya bagi para pembaca
adalah Kompasiana.com. Media online satu ini memang terkenal dekat dengan
jurnalisme warga. Di mana masyarakat (siapa saja yang memiliki akun pada
Kompasiana) boleh menulis artikel tentang apa saja (asalkan sesuai dengan
peraturan yang sudah ditetapkan oleh pihak Kompasiana, salah satunya mengenai
pertanggungjawaban terhadap isi berita yang dimuat). Beberapa kelebihan dari
Kompasiana adalah bisa diakses oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja.
Internet adalah dunia tanpa batas. Kompasiana sebagai salah satu media online,
maka mengaksesnya pun menggunakan internet sehingga lebih praktis. Akses
informasi yang sangat mudah hanya dengan klik mouse, pembaca bisa membaca apa
saja yang sudah dimuat pada Kompasiana. Selain itu Kompasiana juga membuka
kesempatan bagi masyarakat untuk menulis berita atau artikel tentang apa saja
dan boleh dimuat pada website Kompasiana. Berita yang dimuat pada Kompasiana
juga bersifat interaktif karena terdapat bagian komentar bagi pembaca. Sifatnya
yang online membuat Kompasiana sama seperti media online lain yang memiliki
keunggulan dalam hal kecepatan informasi. Kelebihan lain dari Kompasiana adalah
adanya keragaman informasi. Kompasiana membuka kesempatan bagi para jurnalis
warga untuk menulis berita pada akun mereka yang dimuat di Kompasiana.
Informasi tersebut mungkin saja tidak terbaca oleh jurnalis profesional.
Kekurangan Kompasiana diantaranya adalah isi dari artikel atau berita yang
dimuat masih diragukan kebenarannya. Selain karena akses informasi yang
dituntut cepat, terkadang mengakibatkan tidak adanya check dan richeck
informasi. Beberapa berita yang dimuat Kompasiana ditulis oleh jurnalis warga yang
umumnya hanya mengandung unsur informasi dengan narasumber yang tidak jelas
(kredibilitas terkadang meragukan). Selain itu, penilaian akan sebuah berita
yang sensitif dan tidak boleh dipublikasi terkadang bersifat subyektif. Bagi
pihak Kompasiana berita yang dimuat oleh penulis bersifat sensitif (yang bagi
pihak lain belum tentu juga sensitif), pihak Kompasiana akan menghapus berita
tersebut dari akunnya. Peran dan fungsi Kompasiana sendiri diantaranya adalah
meningkatkan kemampuan menulis masyarakat, terutama warga yang bukan jurnalis
profesional. Mereka dapat menulis dan berkarya lewat akun yang mereka miliki di
Kompasiana. Fungsi Kompasiana sendiri adalah sebagai alat pelengkap informasi.
Jika jurnalis profesional memuat sebuah berita, dan ternyata berita tersebut
belum lengkap, mungkin saja ada jurnalis warga yang memiliki informasi seputar
isu yang sama sehingga bisa saling melengkapi. Hal ini juga yang terkadang
membuat pihak Kompasiana memuat berita yang ditulis oleh jurnalis warga ke
dalam kompas.com yang merupakan berita hasil karya para jurnalis profesional.
Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/nitaaubatuwael/kompasiana-dengan-keunggulan-dan-kekurangan_5510cea78133115334bc71ee
Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/nitaaubatuwael/kompasiana-dengan-keunggulan-dan-kekurangan_5510cea78133115334bc71ee
Tidak ada komentar:
Posting Komentar