Kamis, 15 Desember 2016

Media Pembelajaran 3 Dimensi



Media Pembelajaran 3 Dimensi

A.    Pengertian Media Tiga Dimensi
Media adalah sebuah alat yang mempunyai fungsi menyampaikan pesan (Bovee, 1997). Media pembelajaran adalah sebuah alat yang berfungsi dan digunakan untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Pembelajaran adalah proses komunikasi antara pembelajar, pengajar, dan bahan ajar. Secara umum, media merupakan segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan pebelajar  sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Batasan ini cukup luas dan mendalam mencakup pengertian sumber, lingkungan, manusia dan metode yang dimanfaatkan untuk tujuan pembelajaran / pelatihan. Tanpa media, komunikasi tidak akan terjadi dan proses pembelajaran sebagai proses komunikasi juga tidak akan bisa berlangsung secara optimal. Media pembelajaran adalah komponen integral dari sistem pembelajaran.
Media pembelajaran itu salah satunya berupa media pembelajaran tiga dimensi, yaitu media yang tampilannya dapat diamati dari arah pandang mana saja dan mempunyai dimensi panjang, lebar, dan tinggi/tebal. Media tiga dimensi juga dapat diartikan sekelompok media tanpa proyeksi yang penyajiannya secara visual tiga dimensi. Kelompok media ini dapat berwujud sebagai benda asli baik hidup maupun mati, dan dapat berwujud sebagai tiruan yang mewakili aslinya.
Benda asli ketika akan difungsikan sebagai media pembelajaran dapat dibawa langsung ke kelas, atau siswa sekelas dikerahkan langsung ke dunia sesungguhnya di mana benda asli itu berada. Apabila benda aslinya sulit untuk dibawa ke kelas atau kelas tidak mungkin dihadapkan langsung ke tempat di mana benda itu berada, maka benda tiruannya dapat pula berfungsi sebagai media pembelajaran yang efektif. Media tiga dimensi yang dapat diproduksi dengan mudah, adalah tergolong sederhana dalam penggunaan dan pemanfaatannya, karena tanpa harus memerlukan keahlian khusus, dapat dibuat sendiri oleh guru, bahannya mudah diperoleh di lingkungan sekitar.

B.     Jenis-jenis Media Tiga Dimensi
1.      Model Padat (solid model)
Yaitu memperlihatkan bagian permukaan luar dari pada objek dan sering kali membuang bagian-bagian yang membingungkan gagasan-gagasan utamanya dari bentuk, warna dan susunannya. Contoh model padat yaitu boneka, bendera, bola, anatomi manusia. Guna model padat untuk membantu dan melayani para siswa sebagai informasi berbagai pengetahuan agar siswa lebih paham dalam pelajaran.
Dalam model ini siswa dapat melakukan kegiatan membuat model yang sangat bermanfaat dalam mengembangkan konsep realisme bagi dirinya. Melalui kegiatan konstruksi, menciptakan dan membentuk objek tertentu mereka ditantang untuk memecahkan masalah-masalah pengajaran dalam berbagai bidang studi yang mereka pelajari. Melalui transformasi sederhana, menggunakan bahan-bahan murah para siswa menciptakan berbagai bentuk objek studi, sehingga hasil belajar lebih mendalam dan lebih mantap.
Kelebihan dari model padat
-          Dapat memberikan pengalaman secara langsung
-          Dapat dibuat dengan biaya yang murah
-          Dapat mengembangkan konsep realisme siswa
Kekurangan dari model padat
-          Tidak dapat menjangkau sasaran dalam jumlah besar.
-     Anak tuna netra sulit untuk mengaplikasikannya.



2.      Model penampang (cuteway model)
Yaitu memperlihatkan bagaimana sebuah objek itu tampak, apabila bagian permukaannya diangkat untuk mengetahui susunan bagian dalamnya. Model ini berguna untuk mata pelajaran biologi, karena berfungsi untuk mengganti objek sesungguhnya. Beberapa contoh model penampang adalah:
·         Anatomi manusia dan hewan : mata, gigi, kepala, otak, tulang     belulang, paru-paru, jantung, bagian ginjal.
·         Kehidupan tumbuh-tumbuhan: daun, batang, tangkai, akar, biji, tunas, bunga, buah-buahan.
Model penampang dibuat dengan beberapa alasan yang antara lain benda aslinya tertutup dan terlalu besar atau terlalu kecil, misalnya gunung berapi, sedang murid memerlukan penjelasan tentang struk-tur bagian dalamnya.

Fungsi dari model ini adalah menggantikan objek sesungguhnya. Selain itu model penampang bisa memperjelas objek yang sebenarnya, karena bisa diperbesar atau diperkecil. Yang perlu diperhatikan dalam membuat model penampang adalah, hanya bagian-bagian terpenting saja yang harus ditonjolkan, biasanya dibubuhi warna-warna yang kontras, sedangkan rincian yang tidak begitu penting dihilangkan.
Kelebihan dari model penampang
-          Dapat memberikan pengalaman secara langsung
-          Hasil belajar lebih mendalam dan mantap.
-          Dapat mempermudah pehaman karena merupakan pengganti obyek yang sesungguhnya.
-          Dapat dibuat dengan biaya yang relatif murah.
-          Belajar dapat difokuskan pada bagian yang penting-penting saja

Kekurangan dari model penampang
-          Tidak dapat menjangkau sasaran dalam jumlah yang banyak.
-          Penyimpanan memerlukan ruang dan perawatan.
-          Anak tunanetra sulit membandingkannya.
-          Jika membeli alat perga membutuhkan biaya yang besar.

3.      Model kerja (working model)
Yaitu tiruan dari objek yang memperlihatkan bagian luar dari objek asli. Gunanya untuk memperjelas dalam pemberian materi kepada siswa. Beberapa contoh model kerja adalah:
·         Alat-alat matematika: mistar-sorong, busur derajat.Peralatan musik: biola, seruling, terompet, piano, tamburin.
·         Mock-ups, yaitu penyederhanaan susunan bagian pokok dan suatu proses atau sistem yang lebih ruwet. Guru menggunakan mock-up untuk memperlihatkan bentuk berbagai objek nyata seperti kondensator-kondensator, lampu-lampu tabung,serta pengeras suara, lambang-lambang yang berbeda dengan apa yang tertera di dalam diagram.
·         Diorama, yaitu sebuah pemandangan 3 dimensi mini bertujuan menggambarkan pemandangan sebenarnya. Contoh:  Diorama di bagian bawah Monas Jakarta.
Model kerja dirancang untuk menunjukkan kepada para siswa bagaimana mekanisme suatu objek itu berfungsi. Berbagai model yang baik seringkali mempergunakan pewarnaan yang kontras pada bagian-bagian terpenting seperti pada blok mesin, kabel, sikuit, atau berbagai komponen menunjukkan hubungan satu sama lain. model kerja sangat mendorong rasa keingintahuan siswa.
Kelebihan dari model kerja
-          Memberikan pengalaman secara langsung.
-          Dapat menunjukkan objek secara utuh baik cara kerjanya.
-          Dapat memperlihatkan struktur organisasi secara jelas.
-          Dapat menunjukkan alur suatu proses secara jelas.
Kekurangan dari model kerja
-          Tidak dapat menjaangkau sasaran dalam jumlah besar.
-          Penyimpanannya memerlukan ruang yang besar dan perawatan yang rumit.
-          Untuk membuat alat peraga ini membutuhkan biaya yang besar.
-          Anak tunanetra sulit untuk mengaplikasikannya secara sempura.

4.      Model Susun (Builed-up Model)
Model susun terdiri dari beberapa bagian objek yang lengkap, atau sedikitnya suatu bagian penting dari objek itu. Contoh: anatomi manusia dan binatang, seperti: mata, telinga, jantung, tengkorak, otak.
Model susunan dimaksudkan struktur bagian dalam dari suatu benda, disamping memperlihatkan bagian dalam obyek juga dapat dilepas atau dipreteli untuk dipelajari satu per satu sehingga memperjelas pengertian. Dan bila sudah selesai dapat diletakkan kembali pada posisinya semula. Model ini dapat berupa variasi dari model irisan. Untuk model terbuka sebaiknya siswa disuruh hati-hati waktu mempelajarinya. Karena disamping mahal harganya, juga agak mudah rusak dan apabila alat penyetelnya rusak dapat mengganggu penampilan model tersebut dan mungkin tidak dapat disusun seperti semula
Kelebihan dari model susun
-          Memberikan pengalaman secara langsung.
-          Penyajian secara kongkrit dan menghindari verbalisme.
-          Dapat menunjukkan objek secara utuh baik kontruksi maupun cara kerjanya.
-          Dapat memperlihatkan struktur organisasi secara jelas.
-          Dapat menunjkkan alur suatu proses secara jelas.
Kekurangan dari model susun
-          Tidak bisa menjangkau sasaran dalam jumlah besar.
-          Anak tuna netra sulit untuk membandingkannya.
-          Penyimpanannya memerlukan ruang yang besar dan perawatan yang rumit.

C.    Karakteristik Media Tiga Dimensi
Karakteristik media dapat dilihat dari kemampuan membangkitkan rangsangan indra penglihatan, pendengaran, perabaan percakapan, maupun penciuman atau kesesuainnya dengan tingkat hirarki belajar. Secara umum karakteristik media tiga dimensi  adalah sebagai berikut:
·         Pesan yang sama dapat disebarkan keseluruh siswa secara serentak
·         Penyajiannya berada dalam kontrol guru
·         Cara penyimpanannya mudah (praktis)
·         Dapat mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan indera
·         Menyajikan objek-objek secara diam
·         Terkadang dalam penyajiannya memerlukan ruangan gelap
·         Lebih mahal dari kelompok media grafis
·         Sesuai untuk mengajarkan keterampilan tertentu
·         Sesuai untuk belajar secara berkelompok atau individual
·         Praktis digunakan untuk semua ukuran ruangan kelas
·         Mampu menyajikan teori dan praktik secara terpadu.

D.    Kelebihan dan Kekurangan Media Tiga Dimensi
Menurut Moedjiono (1992) kelebihan dari media visual tiga dimensi:
1)    Memberikan pengalaman secara langsung
2)     Penyajian secara konkrit dan menghindari  verbalisme
3)     Dapat menunjukkan objek secara utuh baik kontruksi maupun cara kerjanya
4)    Dapat memperlihatkan struktur organisasi secara jelas
5)    Dapat menunjukkan alur suatu proses secara jelas.

Kelemahan media tiga dimensi yaitu:
1)      Tidak bisa menjangkau sasaran dalam jumlah
2)      Penyimpanannya memerlukan ruang yang besar dan perawatan yang rumit
3)      Untuk membuat alat peraga ini membutuhkan biaya yang besar
4)      Anak tuna netra sulit untuk membandingkannya

Sumber:
Sanjaya, Wina. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sudjana, Nana, dkk. 1991. Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru.
Sudjana, Nana, dkk. 2007.  Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
diakses pada 13 April 2014. jam 13.10









Assalamu'alaikum Wr. Wb. Pada kesempatan ini. kami akan bagikan materi tentang Poster meliputi Pengertian, Ciri dan syarat poster yang baik, Tujuan, Jenis / Macam-macam poster beserta gambarnya, dan cara membuat poster.. Silakan disimak selengkapnya..
A. Pengertian Poster

Poster adalah media publikasi yang terdiri atas tulisan, gambar ataupun kombinasi antar keduanya dengan tujuan memberikan informasi kepada khalayak ramai. Poster biasanya dipasang ditempat-tempat umum yang dinilai strategis seperti sekolah, kantor, pasar, mall dan tempat-tempat keramaian lainnya. Informasi yang ada pada poster umumnya bersifat mengajak masyarakat.

Menurut wikipedia, pengertian poster adalah sebuah karya seni grafis yang dibuat dengan perpaduan antara huruf dan angka diatas kertas yang ukurannya relatif besar. Poster ini umumnya ditempel didinding atau permukaan yang relatif datar ditempat-tempat umum yang ramai agar informasi dan pesan yang ada didalam poster tersebut bisa tersampaikan kepada masyarakat.

B. Ciri-ciri dan Syarat Poster

Berikut ini adalah ciri – ciri umum dari sebuah poster:
  •  Desain grafis dari poster harus memuat komposisi yang terdiri atas huruf dan gambar di atas media kertas atau kain yang berukuran besar.
  • Cara pengaplikasiannya dapat dengan cara ditempel pada dinding, tempat umum atau permukaan datar yang lain dengan sifat membidik perhatian mata semaksimal mungkin.
  •  Poster pada umumnya dibuat dengan perpaduan warna yang kuat dan kontras.
  • Poster lazimnya mempergunakan bahasa yang singkat, jelas, tidak rancu agar mudah dipahami.
  • Pesan yang ingin disampaikan sebaiknya disertai dengan gambar.
  • Poster dapat dibaca secara sambil lalu.
Setelah membahas mengenai ciri-ciri poster, berikut ini adalah sedikit ulasan mengenai syarat sebuah poster:
  • Poster wajib mempergunakan bahsa yang mudah dipahami.
  • Susunan kalimat poster harus singkat, padat, jelas, tetapi berisi.
  • Poster sebaiknya dikombinasikan dengan bentuk gambar.
  • Poster harus mampu menarik minat khalayak.
  • Media poster harus mempergunakan bahan yang tidak mudah rusak atau sobek.
  • Ukuran poster sebaiknya disesuaikan dengan tempat atau lahan pemasangan serta target pembaca.
Sementara itu, hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat poster adalah:
  • Gambar dibuat mencolok dan sesuai dengan ide yang akan dikomunikasikan.
  • Kata-kata yang digunakan dalam poster harus efektif, sugestif, serta mudah diingat.
  • Jenis font sebaiknya adalah jenis yang mudah dibaca dan dengan size yang besar.
C. Tujuan Poster

Dibuatnya sebuah poster tentu bukan tanpa sebab, tetapi memiliki maksud dan tujuan sendiri. Secara umum tujuan dan maksud dibuatnya poster adalah sebagai media publikasi agar masyarakat bisa membacanya dan melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang ada dalam poster tersebut. Tetapi secara khusus maksud dan tujuan dibuatnya poster tergantung dengan apa yang diinginkan pembuat, bisa untuk tujuan komersil, mencari simpati publik, mencari perhatian masyarakat, dan lain sebagainya.

D. Jenis / Macam-Macam Poster

Jenis poster berdasarkan isinya:
1. Poster Niaga adalah poster yang dibuat untuk media komunikasi dalam urusan perniagaan untuk menawarkan suatu barang, atau jasa.

2. Poster Kegiatan adalah poster yang berisi suatu kegiatan, seperti kegiatan jalan sehat, senam, dll.

3. Poster Pendidikan adalah poster yang bertujuan untuk mendidik.

4. Poster Layanan Masyarakat adalah poster untuk pelayanan kesehatan yang berhubungan dengan kesejahteraan masyarakat.


Jenis Poster berdasarkan tujuannya :
1. Poster Propaganda adalah poster yang memilik tujuan untuk mengembalikan semangat pembaca atas perjuangan atau usaha seseorang dalam melakukan hal yang bermanfaat bagi kehidupan.

2. Poster Kampanye adalah poster yang bertujuan untuk mencari simpati dari masyarakat pada saat dilakukannya pemilihan umum.

3. Poster 'Dicari' atau "Wanted“ adalah poster yang bertujuan yang memuat orang hilang atau suatu perusahaan yang membutuhkan pekerja.

4. Poster "Cheescake“adalah poster yang bertujuan untuk menarik perhatian publik, seperti bintang rock, artis, penyanyi, dll.

5. Poster Film adalah poster yang dibuat dengan tujuan untuk mempopulerkan suatu film yang diproduksi dalam industri perfilman.

6. Poster Komik adalah poster yang digunakan untuk mempopulerkan buku-buku komik.

7. Poster Afirmasi adalah poster untuk memotivasi pembacanya, biasanya tentang kepemimpinan, dll.

8. Poster Riset adalah poster untuk mempromosikan berbagai kegiatan riset sehingga mengundang para pelaku akademik untuk ikut dalam mengapresiasikan kegiatan tersebut.

9. Poster Kelas adalah poster yang berada didalam kelas pelajar yang bertujuan untuk memotivasi pelajar, adapun juga poster tata tertib kelas.

10. Poster Komersial adalah poster yang hampir sama dengan Poster Niaga yaitu yang bertujuan untuk mempromosikan sesuatu.

E. Cara Membuat Poster

Disini saya tidak akan menjelaskan mengenai bagaimana mendesain (menggambar) sebuah poster, namun yang akan dijabarkan adalah bagaimana langkah-langkah konseptual dari pembuatan poster itu sendiri. 

1. Tentukan Topik & Tujuan
Pertama, Anda harus menentukan apa yang ingin dibahas dalam poster tersebut, apakah membahas produk kecantikan, kegiatan sosial, atau sebuah film animasi. 
Kemudian, tentukan pula alasan Anda membuat poster tersebut. Anda membuatnya untuk promosi? atau hanya sekedar sosialisasi. Tentunya, poster-poster promosi lebih membutuhkan riset serius dalam hal gambar, kata-kata, dan peletakan daripada sebuah poster sosialisasi program. 

2. Buat Kalimat Singkat dan Bersifat Mensugesti
Poster biasanya dibaca secara sekilas oleh pengunjung. Sedikit sekali pejalan kaki atau pengendara yang berlama-lama di suatu tempat, hanya untuk membaca sebuah poster. 
Untuk itu, buatlah kalimat yang singkat agar bisa dibaca hanya dalam waktu beberapa detik saja. Nantinya, melalui bahasa singkat tersebut, maka pesan yang ditulis oleh para pembuat poster bisa tersampaikan dengan baik. 
Tetapi, jangan sampai kata-kata tersebut malah ambigu dan membuat para pembaca kebingungan. Buatlah kalimat yang jelas serta mensugesti orang untuk membeli atau melakukan sesuatu (terutama ketika Anda membuat poster promosi produk). 

3. Gunakan Gambar
Gambar merupakan alat penyampai pesan yang paling menarik. Inilah mengapa berbagai poster saat ini menggunakan gambar dengan proporsi jauh lebih besar dibandingkan dengan tulisan.
Gambar dengan warna-warna mencolok adalah jenis yang sebaiknya Anda gunakan demi pengunjung yang lebih banyak. 

4. Gunakan Media yang Tepat
Media (tempat ditempelnya poster) akan menentukan apakah poster Anda banyak dilihat atau tidak. Jika Anda menempelkan poster di dinding-dinding yang ada di pasar, kemungkinan poster tersebut jauh lebih 'laris' ketimbang jika ditempel pada dinding-dinding perkampungan.

Referensi :
http://posterina.blogspot.com/2014/04/pengertian-poster-serta-tujuannya.html
http://ridacoprinting.com/ciri-ciri-dan-syarat-poster
http://asalmadu.blogspot.co.id/2013/05/pengertian-macam-tujuan-dari-poster-dan.html
http://www.kelasindonesia.com/2015/08/pengertian-poster-jenis-cara-membuat-dan-contoh-kalimat-poster.html

Demikian artikel tentang Poster meliputi Pengertian, Ciri dan syarat poster yang baik, Tujuan, Jenis / Macam-macam poster beserta gambarnya, dan cara membuat poster..Semoga bermanfaat


23 Blog Gratis Selain Blogspot dan Wordpress

Ada 23 Blog Gratis Selain Blogspot dan Wordpress. Jikalau kita ingin ngeblog yang beda selain blogspot dan wordpress ini ada solusinya, memang suatu yang menyenangkan, malah kadang banyak yang sampai kecanduan untuk ngeblog, untuk sobat yang ingin membuat blog namun ingin blog yang beda karna sudah bosan memakai blog gratis blogspot dan wordpress, saya akan share penyedia Blog Gratis Selain Blogspot dan Wordpress.
  1. tumblr.com 
  2. blog.ebay.com
  3. blogdetik.com
  4. blog.com
  5. multiply.com
  6. xanga.com
  7. livejournal.com
  8. edublogs.org
  9. blogetery.com
  10. posterous.com
  11. mysoapbox.com 
  12. blogmalhikdua.com
  13. paidtoblog.com
  14. blogster.com
  15. Freevlog.org
  16. clearblogs.com
  17. blogsome.com
  18. PhoutPost.com
  19. OpenDiary.com
  20. Friendster.com
  21. Netcipia.com
  22. SquareSpace.com
  23. brave.net
Anda bisa mencoba mendaftar atau membuat blog baru gratis di salah satu penyedia blog gratisan diatas.
Demikian 23 Blog Gratis Selain Blogspot dan Wordpress semoga bermanfaat untuk kita semua, amin...

Multiply.com
                Multiply.com adalah sebuah situs jaringan sosial dengan fitur yang memungkinkan orang untuk saling-berbagi beberapa media, seperti foto, video, maupun blog. Multiply.com menyediakan layanan blog. Blog yang di-posting ke Multiply.com dapat secara otomatis diteruskan ke akun LiveJournal, Blogger atau TypePad. Dimungkinkan pula untuk mem-posting via e-mail atau MMS. Pengguna juga dapat memberikan komentar terhadap sebuah film atau buku, atau juga untuk berbagi acara berdasarkan kalender.

Kelebihan Multiply.com
1.      . Fitur-fiturnya terbagi: blog, photos, review, calendar, links, etc
2.       Postingan kita dapat dipantau oleh user lain melalui inbox
3.       Bisa mengedit CSS (tampilan)
4.       tersedia form guestbook
5.       Dapat mengetahui user multiply mana saja yang mengunjungi situs kita
6.       Banyak yang memeberdayakan multiply sebagai online store
Kekurangan Multiply.com
1.       Hanya pengunjung yang log in ke multiply yang dapat memberikan komentar.
2.      proses loading cukup berat
3.       Multiply menampilkan iklan di situs kita dan tidak bisa dihapus.
4.       Tampilan multiply pasti dua kolom

Kelebihan dan kekurangan beberapa blog


BlogDetik.com
Kelebihan:
1. Akan menampilkan postingan kita jika tulisan kita bagus
2. Mengadakan event lomba blogging dengan berbagai hadiah menarik
3. Menyediakan forum komunitas blogger di tiap regional
Kekurangan:
1. Diberi kapasitas hanya 100MB memory untuk setiap blognya
2. Tema yang ada pada BlogDetik sudah disediakan dan tidak bisa mengunggah tema lainnya.

LiveJournal
Kelebihan:
1. Tersedia layout-layout menarik.
Kekurangannya:
2. Tidak memberikan tempat untuk komen Nama + URL, Hanya ada User, OpenID, dan
Anonymous.

Kelebihan dan Kekurangan Tumblr

 

Tumblr, salah satu mesin blog yang lahir baru di dunia blog, ketimbang blogger dan wordpress yang sudah lebih dulu ada. Tetapi tumblr mempunyai keunikan sendiri, yakni menerapkan konsep simple, tidak terlalu banyak tombol. Berikut ini adalah kekurangan dan kelebihan tumblr.

Kelebihan
1. Tumblr seperti halnya blogspot, dimana Kita tidak memakai hosting pribadi untuk mengaksesnya, cukup dengan memakain domain. Jadi kalo Kamu punya domain, bisa tuh dipasang tumblr di sub-domainnya, seperti saya http://dream.furqanalfath.com.

2. Simple, tidak terlalu banyak tombol dan navigasi yang cenderung mudah untuk dipelajari.
3. Ga perlu ngeblog panjang-panjang. Cukup masukin foto, video, atau quote dari seseorang. Sebenarnya wordpress atau blogpsot juga bisa, tetapi tumblr seakan-akan bilang, just blog it, karena feature untuk post foto dan sebagainya sudah tersedia.

Kekurangan
Saya entah kenapa, jarang mendapatkan hasil search engine dari blog tumblr. Apa gara-gara blogger di tumblr adalah tipe simple, makanya ga ke crawl search engine? Atau gara-gara tumblr masih baru, jadi kalo ada orang yang ngepost yang bagus-bagus (pelajaran, perjalanan, tips and trick) ketiban sama wordpress atau blogspot yang sudah lebih dulu ada? Mungkin.

Tapi, dari semuanya tumblr oke kok. Dan, sekali lagi, jangan terlalu banyak mikir mana yang lebih baik antara wordpress, blogspot, atau tumblr. Katanya gampang di hack atau apa lah. Saya katakan ga. Ga semudah itu orang ngehack mesin blog yang sudah sangat famous (terkenal). Semangat blogging ya, dan selalu share jika ada waktu untuk nulis.

Mungkin Kamu mau liat tulisan Saya tentang kelebihan dan kekurangan wordpress dan blogspot.

Media massa online saat ini sangatlah banyak. Namun setiap media massa online memiliki karakteristiknya masing-masing yang menjadikan mereka berbeda satu dengan yang lain, baik dari segi kelebihan maupun kekurangan. Salah satu media online yang akan di bahas dalam hal keunggulan, kekurangan maupun peran dan fungsinya bagi para pembaca adalah Kompasiana.com. Media online satu ini memang terkenal dekat dengan jurnalisme warga. Di mana masyarakat (siapa saja yang memiliki akun pada Kompasiana) boleh menulis artikel tentang apa saja (asalkan sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan oleh pihak Kompasiana, salah satunya mengenai pertanggungjawaban terhadap isi berita yang dimuat). Beberapa kelebihan dari Kompasiana adalah bisa diakses oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja. Internet adalah dunia tanpa batas. Kompasiana sebagai salah satu media online, maka mengaksesnya pun menggunakan internet sehingga lebih praktis. Akses informasi yang sangat mudah hanya dengan klik mouse, pembaca bisa membaca apa saja yang sudah dimuat pada Kompasiana. Selain itu Kompasiana juga membuka kesempatan bagi masyarakat untuk menulis berita atau artikel tentang apa saja dan boleh dimuat pada website Kompasiana. Berita yang dimuat pada Kompasiana juga bersifat interaktif karena terdapat bagian komentar bagi pembaca. Sifatnya yang online membuat Kompasiana sama seperti media online lain yang memiliki keunggulan dalam hal kecepatan informasi. Kelebihan lain dari Kompasiana adalah adanya keragaman informasi. Kompasiana membuka kesempatan bagi para jurnalis warga untuk menulis berita pada akun mereka yang dimuat di Kompasiana. Informasi tersebut mungkin saja tidak terbaca oleh jurnalis profesional. Kekurangan Kompasiana diantaranya adalah isi dari artikel atau berita yang dimuat masih diragukan kebenarannya. Selain karena akses informasi yang dituntut cepat, terkadang mengakibatkan tidak adanya check dan richeck informasi. Beberapa berita yang dimuat Kompasiana ditulis oleh jurnalis warga yang umumnya hanya mengandung unsur informasi dengan narasumber yang tidak jelas (kredibilitas terkadang meragukan). Selain itu, penilaian akan sebuah berita yang sensitif dan tidak boleh dipublikasi terkadang bersifat subyektif. Bagi pihak Kompasiana berita yang dimuat oleh penulis bersifat sensitif (yang bagi pihak lain belum tentu juga sensitif), pihak Kompasiana akan menghapus berita tersebut dari akunnya. Peran dan fungsi Kompasiana sendiri diantaranya adalah meningkatkan kemampuan menulis masyarakat, terutama warga yang bukan jurnalis profesional. Mereka dapat menulis dan berkarya lewat akun yang mereka miliki di Kompasiana. Fungsi Kompasiana sendiri adalah sebagai alat pelengkap informasi. Jika jurnalis profesional memuat sebuah berita, dan ternyata berita tersebut belum lengkap, mungkin saja ada jurnalis warga yang memiliki informasi seputar isu yang sama sehingga bisa saling melengkapi. Hal ini juga yang terkadang membuat pihak Kompasiana memuat berita yang ditulis oleh jurnalis warga ke dalam kompas.com yang merupakan berita hasil karya para jurnalis profesional.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/nitaaubatuwael/kompasiana-dengan-keunggulan-dan-kekurangan_5510cea78133115334bc71ee

Tidak ada komentar:

Posting Komentar